Posted by: servasina | March 8, 2008

Tips Bepergian

Posted by Asri Damajanti on Nov 11, 2004:

Merencanakan suatu perjalanan wisata memang sangat menyenangkan, apalagi didukung oleh sarana yang memadai. Bahkan, setiap perjalanan bisa menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan, Ada beberapa tip yang bisa Anda gunakan agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan bila ingin tour lewat biro perjalanan wisata (BPW) :

Rencanakanlah perjalanan Anda dengan matang, ada baiknya melakukan reservasi atau pemesanan empat bulan dimuka, sebelum hari keberangkatan. Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya lebih menguntungkan karena BPW bisanya memberikan diskon yang cukup menarik.

Berhati-hatilah dalam memilih biro perjalanan wisata dan pilihlah yang berkualitas. Tidak semua agen perjalanan mampu menyediakan hal-hal yang dibutuhkan pelanggan, untuk itu Anda harus jeli memilih yang berkredibilitas tinggi.

Perhatikanlah dengan seksama paket-paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata. Janganlah terlena dengan iming-iming harga murah. Ada baiknya, Anda memperhatikannya kesuaian antara harga dengan fasilitas yang akan diperoleh.

Perhatikan juga keseluruhan isi dari paket yang akan dibeli. Apakah sudah sesuai hotel, pesawat, dan tempat yang ditawarkan.

Agar perjalanan Anda bisa lebih menyenangkan dan Anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan acara di tujuan wisata, konsultasikan keinginan Anda karena pihak biro perjalanan wisata biasanya siap membantu dari keperluan A sampai Z.

Sebelum melakukan perjalanan wisata terutama ke luar negeri, perlu membekali diri dengan dokumen perjalanan, buku panduan wisata, pakaian yang disesuaikan dengan suhu ataupun musim negara setempat dan tentu saja uang saku yang cukup.

Melakukan perjalanana jauh memang sangat melelahkan. Karena itu persiapan yang matang saat akan melakukan perjalanan jauh adalah hal yang sangat penting untuk dipikirkan, agar saat Anda melakukan perjalanan tersebut, Anda tidak cepat capek dan bosan. Brikut hal-hal yang harus Anda perhatikan jika sedang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang.

Untuk menghilangkan kebosanan saat berada di dalam pesawat sibukkan diri Anda dengan membaca. Anda bisa membawa buku bacaan yang ringan. Selain itu, berbicara dan berjalan di lorong kabin juga bisa menghilangkan kepenatan. Karena dengan melakukan kegiatan tersebut, sirkulasi darah akan tetap berjalan.

Hindari makanan yang mengandung sodium tinggi, seperti kacang. Dan tentunya Anda harus menghindari minuman beralkohol
Jika Anda harus meminum obat saat melakukan perjalanan tersebut. Sebaiknya konsultasikan dahulu apa efek samping dari obat tersebut jika Anda meminumnya saat berada di pesawat. Ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Jagalah tubuh Anda agar tetap fit. Misalnya dengan tidur yang nyaman saat melakukan perjalanan. Jika perlu gunakan penutup mata serta kuping agar tidur Anda tak terganggu. Jika memungkinkan tidurkan tempat duduk serendah mungkin agar tidur Anda bisa lebih nyaman.
Selain peta jalur alternatif, bekal apalagi yang sepatutnya disiapkan agar perjalanan mudik Lebaran bisa aman dan nyaman?

Obat antimabuk perjalanan.
Siapkan jahe, obat alami yang khasiatnya all-in-one. Kecuali menangkal mabuk perjalanan, minyak asiri gingerol dalam jahe berkhasiat mencegah kembung dan masuk angin, menghilangkan pegal, menyembuhkan luka memar. Jahe memperingkas bekal kita, karena kita bisa aman meskipun tidak membawa pil anti mabuk perjalanan, minyak kayu putih untuk menghilangkan kembung, dan obat gosok pengusir pegal.

Untuk diminum, siapkan jahe bubuk instan. Biasanya sudah dilengkapi gula, tinggal seduh. Boleh jahe putih maupun merah. Namun jahe merah lebih berkhasiat, karena lebih kaya gingerol. Minum sebelum berangkat, setelah makan. Sebaiknya tidak diberikan kepada bayi dan balita.

Selipkan rimpang jahe dalam bekal Anda. Lengkapi dengan parutan keju-berukuran mungil, 10×5 cm, sehingga tidak merepotkan. Penting bagi rombongan yang membawa bayi dan balita, untuk mengatasi kembung. Parut jahe, remas-remas, balurkan ke bagian perut. Bagi orang dewasa, baluran jahe parut dapat menghilangkan pegal dan meredakan luka memar.
Agar tetap segar sepanjang jalan.
Arus lalu lintas yang padat membuat kita terutama pengemudi; cepat lelah. Mata sepet, pinggang pegal, kaki kaku.

Menepilah, parkirkan mobil. Lakukan peregangan selama 10 menit.
Pilih kopi sebagai dopping alami. Cukup secangkir saja!

Mata jadi melek kembali, tubuh lebih segar. Kafein kopi (asal tidak lebih dari 5 cangkir sehari) bermanfaat merangsang sistem saraf pusat dan relaksasi otot polos. Cara lain, ngemil manisan buah kering alami seperti kurma, kismis, sultana, aprikot, atau prune, terutama pada pk. 10.00-1 1 .00, ketika kadar gula darah sedang anjlok. Gula buah akan menormalkan gula darah, sehingga tubuh kembali segar.
Siapkan kaset poco-poco (hehehe …)
Kemacetan berlarut-larut hingga berjam-jam hampirpasti sulit dihindari di hari mudik massal begini. Jika hal ini benar terjadi, setidaknya Anda sudah siap. Jangan ambil pusing, ayo jo torang badan sa, marilah kita beramai-ramai goyang poco-poco! Melihat Anda sekeluarga riang bergoyang, para ‘tetangga’ akan ikut terpancing untuk bergabung. Suasana gembira bukan hanya mampu membunuh waktu, tapi juga mengenyahkan kepenatan dan membangkitkan kesegaran tubuh.

Kalau setelah bergoyang poco-poco, jalanan ternyata masih macet juga, bantu dengan mengalirkan energi Reiki. Anda yang sudah mengikuti program inisiasi Reiki jarak jauh yang diadakan Nirmala dapat melakukan afirmasi “Reiki-Reiki-Reiki … saya alirkan energi Illahi ke sepanjang jalan yang akan kami lalui. Lancar! Terjadilah terjadilah-terjadilah.” Biarlah energi Reiki mengalir hingga tuntas. Lakukan dengan senyum-santai-pasrah. Dan … kita tunggu hasilnya. Jika ternyata barisan kendaraan belum bergerak juga, pancarkan lagi energi Reiki atau … ya sudah, pasrah saja.
Bekal buah jangan lupa.
Buah-buahan menyediakan cukup air penawar dahaga, serat yang mengenyangkan, gula buah penyedia energi sekaligus penghilang pusing karena kelaparan, dan sejumlah gizi antioksidan yang dapat meredam munculnya kelelahan. Pilih buah yang praktis dan tidak repot memakannya, seperti apel, jeruk, anggur, pir, pisang, jambu biji, stroberi. Andalkan buah sebagai kudapan sehat pengganjal perut dan pereda haus, apalagi ketika bekal utama dan bekal kudapan sudah habis.
Kudapan mengenyangkan: pilih yang Sehat.
Snack garing yang digoreng belakangan jadi sorotan, karena banyak mengandung senyawa akrilamida selain lemak trans yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung koroner dan kanker. Tapi kalau sesekali saja, boleh dong. Hanya saja, berjanjilah untuk tidak menikmatinya berlebihan. Sebaiknya pilih snack garing yang menggunakan food additives lebih terbatas atau diperkaya zat gizi tertentu. (Meskipun tidak mudah bagi kita -untuk mengecek kebenaran klaim produsennya.) Contohnya crackers yang diperkaya kalsium.
Bekal makanan utama
Pilihlah makanan yang praktis, mengenyangkan, tahan lama. Kemacetan berlarut-larut sering sulit diduga, sehingga kita terhalang untuk menemukan warung makan atau restoran.
Bersih dengan cara hemat.
Kalau mau hemat, siapkan serbet kain atau handuk kecil yang bersih. Selain serbet kering, siapkan serbet lembap (basahi air masak, lalu peras), lipat, simpan dalam kantung plastik. Tetap aman tanpa berbau hingga 12 jam perjalanan. Berguna untuk mencuci tangan. Dalam kondisi darurat, bisa dimanfaatkan untuk membasuh wajah atau memandikan.

Tentu saja, kalau mau praktis kita boleh menggantinya dengan tisu basah dan tisu kering. Namun konsekuensinya, kita ikut memberi andil pada pemborosan sumber daya lingkungan.
Air putih jangan Iupa.
Air putih masak atau air kemasan merupakan bekal multiguna. Kegunaan utamanya adalah sebagai air minum, tapi dalam keadaan betul-betul darurat bisa digunakan betul-betul darurat bisa digunakan untuk berbagai kegunaan di luar tubuh, seperti mencuci makanan mentah atau membasuh. Pilih air kemasan yang jernih dan tidak berwarna, tidak mengandung bahan asing yang melayang-layang, dasar botol bagian dalam tidak berjamur. Yang terpenting, beli merek yang sudah dikenal luas, tutupnya bersegel, dan tidak dijual di tempat yang langsung tertimpa sinar matahari.

Membawa Obat-Obatan Pribadi Saat Berlibur
Saat Anda sedang melakukan perjalanan jauh, atau pergi travel tentu kenyamanan dan selamatan diri harus dijaga. Salah satunya adalah dengan membawa obat-obatan yang memang diperluakan bagi Anda. Apalagi bagi Anda yang memang punya penyakit tertentu yang harus segera mendapat penanganan. Berikut tips yang harus Anda lakukan jika Anda punya masalah dengan kesehatan.

Masukkan obat-obatan Anda ke dalam tas yang akan Anda bawa ke mana-mana. Hal ini menghindari hilangnya bagasi di tengah perjalanan.
Bawalah obat dalam botol atau kemasan aslinya lengkap dengan surat keterangannya untuk keperluan pihak keamanan.
Sertakan nama generik obat Anda jika nama merknya telah diubah.
Jika Anda diharuskan membawa obat-obatan, dalam jumlah yang banyak, sertakan pula surat keterangan dokter yang menyatakan Anda memilikih hak legal menggunkaan obat-obatan ini.
Cari tahu obat-obatan apa yang dianggap legal di tempat tujuan Anda berlibur

Mengemas Barang-Barang di Tas Kecil …
Dokumen-dokumen perjalanan yang akan Anda perlukan sewaktu-waktu saat melakukan perjalanan bisa ditempatkan di satu tas yang ukurannya lebih kecil dari koper atau ransel. Selain dokumen, tas ini memuat antara lain:

Tanda pengenal, bisa berupa KTP (untuk perjalanan dalam negeri) atau paspor ( untuk perjalanan ke luar negeri)
Dompet
Surat izin mengemudi
Kartu asuransi atau surat-surat yang digunakan pihak asuransi
Kartu kredit
Traveler check
Kupon-kupon yang ingin Anda pergunakan
Tiket penerbangan, tiket perjalanan cruise atau tiket kereta api. Letakkan dimana Anda cepat menemukannya
Segala informasi yang dibutuhkan dalam rencana perjalanan. Konfirmasi nomor dan alamat-alamat serta nomor telepon tempat dimana Anda akan menginap
Brosur dan peta perjalanan
Uang kecil untuk tips


Responses

  1. hi great site nice work thanks youporn coom =) redtube and see u


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: