Posted by: servasina | March 8, 2008

Tips Bepergian – 2

Posted by Asri Damajanti on Nov 11, 2004:

Tips Aman Bepergian Bagi Wanita …

Jika Anda akan bepergian, khususnya untuk wanita, berbagai hal menjadi merepotkan bagi Anda. Segi keamanan menjadi hal yang penting bagi seorang wanita yang akan melakukan perjalanan. Jika Anda berencana akan berlibur seorang diri atau hanya bersama dengan seorang teman, keamanan menjadi hal yang utama. Karena itu, tak ada salahnya Anda berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan.

Sebenarnya ada beberapa benda yang bisa Anda kurangi ataupun menjadi “penyelamat” Anda dalam perjalanan. Ada beberapa hal yang juga perlu Anda ikuti jika Anda akan bertraveling sendiri tanpa teman ataupun hanya berdua dengan teman wanita Anda yang lain. Hal ini perlu Anda perhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan.

Seperti misalnya keamanan. Jika memang Anda akan bepergian sendirian, Anda tentunya harus bisa lebih waspada dan dan lebih menjaga diri Anda dibanding jika Anda bepergian secara ramai-ramai dengan teman-teman Anda. Andapun perlu dapat mendelegasikan apa yang harus Anda lakukan sebelum, dan saat perjalanan Anda dimulai.

Jika Anda akan melakukan perjalanan liburan, perlu sebelumnya Anda atur dulu, rencanakan dulu matang-matang liburan yang akan Anda buat. Ke mana tujuan liburan Anda. Dengan siapa Anda akan berlibur. Kalau perlu, tanyakan dulu tujuan liburan yang akan Anda kunjungi sebelum Anda melakukan perjalanan kepada teman-teman Anda untuk memastikan keadaan tempat wisata tersebut. Cari informasi selengkapnya, jadi Anda sudah siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti tips-tips di bawah ini untuk menjaga keamanan Anda saat melakukan perjalanan, baik untuk berlibur, ataupun untuk dinas. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti bagi para wanita saat Anda akan bepergian.

Bawa barang-barang yang Anda perlukan saja. Buat daftar barang penting apa saja yang perlu Anda bawa. Berapa hari Anda akan bepergian? Itu akan menjadi salah satu patokan berapa baju yang perlu Anda bawa. Kalau perlu, bawa baju-baju yang bisa dipakai dalam berbagai suasana, misalnya jeans, top yang semi formal, dan sepatu yang nyaman dipakai. Lupakan pakaian Anda yang terlihat cantik dan seksi karena jika Anda bepergian tanpa seseorang yang bisa bertanggung jawab atas Anda, sebaiknya hindari terlihat seksi.

Hindari pakaian yang “mengundang”. Gunakan pakaian yang biasa-biasa saja. Utamakan pakaian yang dapat menyerap keringat dan mudah kering. Artinya, hindari pakaian yang pas badan yang bisa menunjukkan lekuk tubuh Anda, pakaian yang terlalu terbuka, dan seksi.

Hindari penggunaan perhiasan yang berlebihan untuk menghindari bahaya. Simpan saja perhiasan Anda di rumah. Selain menghindarkan Anda dari bahaya orang jahat, juga menghindarkan Anda dari hilangnya perhiasan Anda karena kondisi tempat wisata yang akan Anda tuju, misal jika Anda berencana trekking.

Bawa uang secukupnya saja. Tinggalkan berbagai macam ragam kartu kredit Anda di rumah. Bawa paling banyak dua macam saja. Simpan di tempat yang aman, jangan simpan semuanya di satu dompet untuk menghindari jikalau ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan berbicara dengan orang yang tak dikenal. Bicaralah seperlunya saja, jangan memberikan sinyal seperti Anda tertarik untuk berbicara lebih lama dengan orang yang asing.

Hindarkan kontak mata dengan orang asing, dan tolak semua tawaran makanan atau minuman jika Anda merasa tidak percaya. Jangan menyendiri di satu sudut saat Anda menunggu angkutan yang akan membawa Anda ke tempat tujuan. Gabungkan diri Anda dengan banyak orang untuk menghindari Anda dari serangan orang yang jahat. Meski demikian, hati-hati dari serangan pencopet!

Jika bisa, jangan bepergian seorang diri. Ajak seorang atau lebih jika Anda akan melakukan perjalanan yang lumayan jauh.

Jangan menampilkan wajah yang tak berdosa dan seperti tidak mengerti. Lihat sekeliling Anda saat berada di tempat asing dan tunjukkan gaya tubuh yang berwibawa, jika memang Anda harus melakukan perjalanan seorang diri.

Untuk menghindari serangan pencopet yang bisa mengambil dompet beserta isi dompet Anda, hindarkan mengisi seluruh uang Anda di satu dompet. Buat kopian dari surat-surat penting seperti KTP, dan lainnya dan Anda bisa simpan di dalam tas koper Anda. Atau, bisa juga Anda mencoba tips berikut ini, memang agak lucu, tetapi cukup dapat menyelamatkan Anda di saat kritis. Anda bisa mengenakan pakaian dalam (bra) yang memakai busa yang bisa dilepas/dipakai di dalamnya, buka pad yang ada di dlmnya dan ganti busa bra Anda tersebut dengan sejumlah uang dan kopian surat-surat penting. Memang agak merepotkan, dan agak bisa terlihat jika Anda memakai kaos/baju yang ketat, karena itu hindari baju yang terlalu ketat!

Untuk mengatasi kesialan yang bisa melanda saat melakukan perjalanan dengan pesawat, misalnya bagasi yang tertukar ataupun hilang di jalan, tukarkan satu macam pakaian Anda dengan teman seperjalanan Anda, begitu juga sebaliknya. Misalnya, satu T-shirt, celana panjang, dan satu pasang pakaian dalam. Jadi, jika kopor Anda hilang, Anda masih punya satu stel pakaian yang bisa Anda atau teman Anda untuk dipakai.

Keamanan tidak hanya soal keamanan terhadap orang jahat, tetapi juga pada diri sendiri. Misalnya? Jangan lupa bawa sedikit pembalut, And atak mau ‘kan tiba-tiba Anda mendapat “tamu bulanan” dan Anda berada di lingkungan yang belum Anda kenal.

Untuk menolong Anda saat Anda berada di tempat asing, carilah atau mintalah buku peta yang bisa Anda minta di tempat Anda menginap. Anda juga bisa sekaligus mencari tahu tempat menarik apa yang perlu Anda kunjungi selama Anda di sana.

Jika Anda ingin bertanya mengenai arah tujuan Anda, pastikan Anda bertanya pada orang yang pasti, misalnya kepada polisi, atau petugas hotel di bagian receptionist. Jangan bertanya kepada orang yang tidak Anda kenal mengenai tujuan Anda.

Gabungkan diri dengan kebiasaan setempat. Seperti kata pepatah, “lain ladang lain belalang”, maka jangan Anda berpikir bahwa mereka mempunyai penilaian yang sama dengan yang Anda punya. Ikuti kebiasaan setempat, artinya, jangan memakai short pants dan tank top di tempat wisata religius!

Peta, peta dan peta… Ini amat diperlukan jika Anda bepergian ke tempat yang belum Anda kenal.

Sekali lagi, cek kelengkapan barang Anda. Jangan lupa juga Anda cek kembali tempat penginapan Anda, apakah benar kamar untuk Anda sudah tersedia atau belum.

Cek pula jadwal keberangkatan Anda, baik jika Anda akan menggunakan bus, kereta api, kapal laut ataupun pesawat terbang.

Kiat Menghindari “Si Tangan Trampil”

Tempat wisata, umumnya, selalu menjadi tempat yang empuk bagi sasaran kejahatan. Kehilangan uang, paspor, dan barang-barang berharga lainnya ketika Anda sedang asyik-asyiknya menikmati obyek wisata, tentu merupakan pengalaman paling tidak mengenakkan. Rencana perjalanan Anda yang menyenangkan bisa berubah menjadi hal yang menyebalkan. Bisa-bisa sebagian waktu kita hanya dihabiskan untuk mengurus berbagai hal di kantor polisi atau pihak yang berwajib lainnya.

Mengesalkan bukan? Berikut ini cara atau tips sederhana agar Anda terhindar dari sasaran kejahatan “si tangan trampil” selama berwisata:

Berhati-hati dan waspadalah terhadap berbagai bentuk pencurian yang dilakukan”si tangan terampil” jika Anda berada di bus, tempat-tempat umum seperti cafe, restoran, bandara, subway (bila bepergian diluar negeri), dan tempat wisata lainnya. satu hal yang sangat penting, jangan biarkan diri Anda lengah ketika asyik melihat obyek-obyek wisata atau sesuatu yang menarik buat Anda.
Tinggalkan barang-barang berharga seperti perhiasan dan uang dalam jumlah banyak di hotel tempat Anda menginap. Kebanyakan hotel (khususnya yang berbintang) menyediakan deposit box untuk menyimpan barang berharga Anda tersebut. Pastikan hanya Anda yang mengetahui nomor atau kunci pembukanya.
Barang-barang berharga tertentu yang memang tidak bisa ditinggal seperti paspor, kartu kredit, dan uang sebaiknya disimpan di dalam tas pinggang, ikat pinggang berkantung/money belt, ataupun tas yang dapat digantung di leher Anda. Agar lebih aman lagi memang ada beberapa orang yang menyimpannya di kantung dalam baju maupun underwear atau bra. Dengan demikian, barang berharga Anda jauh dari jangkauan atau terhindar dari tangan-tangan “trampil” tersebut.
Jangan pernah menyimpan paspor, kartu kredit, dan uang di dalam tas punggung/ backpack, maupun tas tali/strapbag. Soalnya, saat Anda lengah, tas-tas tersebut sangat mudah untuk dijangkau atau disilet pencopet.
Bawa dan simpanlah sejumlah uang kecil seperlunya untuk keperluan jajan di kantung yang mudah dijangkau. Jadi, dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan dompet ketika berada di tempat-tempat ramai/umum.
Jika Anda duduk baik itu di bangku restoran, di taman maupun di bangku bus, atau kendaraan umum lainya, jangan sekali-kali meletakkan tas Anda, yang berisi barang-barang berharga tertentu- dibawah kursi atau disisi Anda. Salah-salah, ketika Anda lengah “si tangan trampil” akan cepat menyambarnya. Lebih baik letakkan di pangkuan Anda atau lilitkan tas tersebut di bangku restoran tempat Anda duduk.
Jangan memperlihatkan pandangan Anda kosong atau memperlihatkan wajah yang ragu-ragu, takut atau bingung. Terlebih di tempat yang memang sama sekali baru Anda kunjungi. Pandangan seperti itu akan mengundang orang untuk berbuat kejahatan. Mereka pun tak segan untuk mendekati Anda. Pasanglah muka yang tegas dan percaya diri sehingga orang yang hendak berbuat jahat pun jadi berpikir dua kali untuk mendekati Anda.
8. Jangan terlalu paranoid dan takut-takut untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada. Sebab, bagaimanapun juga Anda bepergian untuk menikmati suasana tempat wisata yang sudah direncanakan tersebut. Jangan lupa, tetaplah berada dalam grup seandainya Anda bepergian dalam satu rombongan atau grup. Ini berguna untuk bisa saling membantu jika Anda mengalami kesulitan.

Ringkas dan Efisien Mengemas Dalam Tas

Wah, pakaianku habis semua nih. Boleh pinjam satu, tidak?” pertanyaan seperti ini seringkali didengar bila bepergian bersama-sama. Sebagian orang malas membawa banyak pakaian karena enggan menenteng carrier atau tas yang cukup berat. Sebagian lagi justru membawa apa saja yang bisa dijangkaunya ke dalam tas. Akibatnya tas menjadi penuh dan tak berbentuk. Ada lagi yang memilih membawa beberapa tas sekaligus, meski hendak bepergian dalam waktu singkat.

Semakin sering orang bepergian, semakin tahu seberapa banyak barang yang harus dibawa. Awal dari perjalanan seringkali disibukkan dengan masalah yang satu ini. Membawa pakaian terlalu banyak, tas terlalu besar atau banyak. Kurang membawa pakaian, perjalanan juga akan berakhir dengan tidak nyaman.

Ringan dan semuanya tersedia
Pastikan ada layanan binatu di hotel tempat Anda menginap. Hotel juga biasanya menyediakan handuk, peralatan mandi serta kertas toilet.
Bawalah hanya handuk kecil. Bawalah pakaian yang dapat dipadupadankan. Rencanakan dengan tepat apa yang akan Anda kenakan dari hari ke hari. Ini menghindarkan Anda membawa pakaian terlalu banyak.
Carilah informasi mengenai iklim dan cuaca. Anda dapat menentukan pakaian apa saja yang harus Anda bawa. Anda tak perlu membawa sweater tebal yang menghabiskan banyak tempat bila Anda pergi ke pantai atau tempat – tempat bersuhu panas lainnya.
Periksalah sekali lagi, apakah semua yang Anda bawa akan dipakai semuanya.
Bawa perlengkapan mandi ukuran mini atau gunakan Washbag.
Jangan sia-siakan 1 inci pun dari tas Anda. Masukan kaus kaki atau pakaian dalam yang telah dibungkus dalam sepatu. Sepatu Anda akan tetap pada bentuknya. Letakkan ikat pinggang merapat sepanjang badan koper.
Bila perlu bawa barang-barang sekali pakai, agar saat Anda pulang nanti koper menjadi kosong. Anda pun tak perlu membeli tas baru untuk mengemas oleh-oleh.

Agar tetap terjaga keadaannya
Kemasi barang-barang cair pada botol plastik. Jangan terlalu penuh mengisinya.
Bawalah selalu kantung plastik untuk menyimpan pakaian kotor. Pisahkan pakaian kotor dengan yang masih bersih.
Bungkus sepatu dengan kantung plastik agar alas sepatu tidak menyentuh pakaian bersih. Kemasi baju dengan hati-hati agar baju tidak kusut.

Trik khusus agar pakaian tetap licin
Jangan memaksa untuk memasukkan seluruh pakaian dalam satu tas.
Pilihlah pakaian yang tidak mudah berkerut.
Gulunglah baju berbahan kaus dan pakaian dalam
Pergunakanlah carrier atau tas yang sesuai dengan banyaknya barang yang Anda bawa. Terlalu besar akan membuat barang-barang berpindah-pindah tempat, dan terlalu kecil akan membuat pakaian akan mudah berkerut.
Kancingkan pakaian agar pakaian dapat digantung tanpa banyak kerut.
Bongkar tas Anda sesegera mungkin setelah sampai di tempat tujuan.
Gantunglah pakian yang mudah berkerut pada kamar mandi agar kerutan hilang karena pengaruh dari uap panas shower ketika Anda mandi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: